BERSAMA DOMPET DHUAFA, 31 TAHUN MENEBAR KEBAIKAN SEANTERO NEGERI - RAGIL SAPUTRI

BERSAMA DOMPET DHUAFA, 31 TAHUN MENEBAR KEBAIKAN SEANTERO NEGERI

BERSAMA DOMPET DHUAFA, 31 TAHUN MENEBAR KEBAIKAN SEANTERO NEGERI

 

SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE 31 BUAT DOMPET DHUAFA, JANGAN PERNAH LELAH UNTUK SELALU MENEBAR KEBAIKAN KE SESAMA UMAT MANUSIA DI SELURUH PELOSOK NEGERI. SEMANGAT ALLAHUAKBAR.

 

31 tahun bukan waktu yang sebentar, ibarat manusia sudah pasti mengalami banyak permasalahan hidup yang membuat tetap bisa kuat menjalani segala skenario kehidupan dari sang pencipta. Begitu juga dengan 31 tahun Dompet Dhuafa melayani masyarakat yang selalu tidak pernah lelah menebar kebaikan kepada ratusan hingga jutaan orang penerima manfaat melalui program-programnya yan sangat luar biasa sekali.

 

Mari kita sedikit mengenal tentang DOMPET DHUAFA.

 

Dompet Dhuafa adalah lembaga yang bergerak untuk membangun umat dan bersifat kemanusiaan, di mana dana yang diperoleh berasal dari dana zakat, infak, sedekah dan dana sosial lainnya dari para donatur, dimana dana tersebut dikelola secara modern dan amanah melalui program-program yang dibentuk dan dibuat oleh Dompet Dhuafa.

 

Dompet Dhuafa mempunyai visi adalah TERWUJUDNYA MASYARAKAT ADIL DAN MAKMUR, sementara untuk misi, Dompet Dhuafa mempunyai beberapa misi salah satunya adalah Mengoptimalkan pemanfaatan zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) untuk memberdayakan kaum dhuafa (miskin) agar bebas dari belenggu kemiskinan.

 


Berdiri sejak tahun 1993 di awali dari hanya sebatas kolom donasi di harian surat kabar Republika, hingga kini di tahun 2023 sebanyak lebih dari 31 juta jiwa penerima manfaat dari para donatur di Dompet Dhuafa.

 

Jaringan layananpun semakin diperluas agar lebih memudahkan dalam penyebaran kebaikan, saat ini Dompet Dhuafa memiliki 5 kantor layanan, 25 cabang dalam negeri, serta 5 cabang luar negeri. Tak hanya itu, Dompet Dhuafa juga bekerja sama dengan 88 jaringan strategis di 33 negara.

 

Ada 5 pilar program dari Dompet Dhuafa yaitu 

 

  • DAKWAH DAN BUDAYA

Program ini fokus untuk menguatkan literasi pemahaman akan islam di pelosok daerah. Dompet Dhuafa memiliki beberapa aktivitas untuk program ini antara lain adalah Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa), Dai Ambasaador, Pesantren Muallaf, Bina Rohani Pasien, Bina Santri Lapas, Badan Pemulasaran Jenazah, Kampung Silat Jampang, Jampang English Village, dan Serambi Budaya.

 

  • EKONOMI

Melalui program ini Dompet Dhuafa berharap mampu meningkatkan derajat hidup para penerima ZISWAF (Zakat Infak Sedekah dan Wakaf) dengan orientasi meningkatkan penghasilan.

 

Pertanian Sehat, Peternakan Rakyat, UMKM Kreatif, Social Trust Fund, Agroindustri, Sentra Ternak, Kebun Pangan Keluarga, Cash for Work, adalah contoh program bidang ekonomi yang diadakan oleh Dompet Dhuafa.

 

Dengan mereka mengikuti program ini Dompet Dhuafa berharap para penerima manfaat memiliki kemampuan untuk mengelola usaha yang mereka jalankan, baik tentang modal, menajemen resiko dan lain-lainnya.

 

  • KESEHATAN

 

Bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para penerima manfaat. Beberapa program kesehatan yang sudah dibuat oleh Dompet Dhuafa antara lain sebagai berikut : Respon Darurat Kesehatan (RDK), Siaga Bencana, Sanitasi Total Berbasih Masyarakat, Program Kesehatan Kawasan, Kebun Sehat Keluarga, Kesehatan Reproduksi, Jaringan Kesehatan Ibu dan Anak, Ambulan Terapung, Anak Indonesia Sehat, Kemitraan TBC, Kampung Cekal Corona, dan Pos Sehat.

 

  • PENDIDIKAN

 

Lini program pendidikan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa berfokus kepada program pendidikan yang berkualitas dengan menerapkan 4 misi yaitu menjadi model pendidikan berkualitas, melahirkan SDM unggul dan strategis, mewujudkan tata kelola organisasi yang baik, serta membangun dan mengoptimalkan jaringan strategis.

 

Program -program berkualitas tersebut antara lain : MART Ekselensia Indonesia, eTahfizh, Etos ID, Bakti Nusa dan Youlead, Sekolah Literasi Indonesia, Sekolah Guru Indonesia, KOMED (Komunitas Media Pembelajaran), dan Makmal Pendidikan.

 

  • SOSIAL

 

Lini sosial dari Dompet Dhufa adalah Layanan Mustahik, yaitu memberikan pelayanan dan konsultasi tentang permasalahan yang terjadi di masyarakat . Dua pola layanan yang diberikan oleh Dompet Dhufa yaitu layanan pasif (mustahik mendatangi kantor LPM) dan layanan aktif (jemput bola dengan mendatangi mustahik atau bersinergi dengan mitra lokal).

 

Kriteria penerima manfaat program ini terbagi menjadi enam, yakni fakir, miskin, mualaf, gharimin, ibnu sabil, dan fi sabilillah. Penerima manfaat tersebar di wilayah Jabodetabek serta wilayah pelosok RI lainnya.

 

Beberapa program dari lini sosial yang dibuat oleh Dompet Dhuafa antara lain : Bimbingan Rohani Pasien, Bina Santri Lapas, Pondok Jiwa Sehat, Shelter Sehati, Dapur Keliling, Bagian Pemulasaran Jenazah (BARZAH), Pemberdayaan Keluarga Mandiri dan Yatim Tangguh.

 

31 TAHUN DOMPET DHUAFA, SEPERTI APA CERITA MEREKA TENTANG DOMPET DHUAFA? 

 


  • Bergabung dengan Dompet Dhuafa Farm (DD Farm), Banyak ilmu tentang peternakan yang di serap oleh Sudigda dari Jogjakarta.

 

Sebelum mendapatkan modal berupa kambing atau domba untuk dikelola sendiri, biasanya para penerima manfaat yang sudah dipilih bekerja di kandang selama dua tahun dalam rentan waktu tersebut mereka diberi pelatihan dan ilmu tentang beternak.

 

  • Kripik Ubi Ungu Bu Itoh Bogor, mengalami peningkatan penjualan sejak menjadi bagian dari Tim Zona Madina Dompet Dhuafa.

 

Bergabung sejak tahun 2022, yang awalnya hanya membuat kripik berdasarkan pesanan setelah bergabung dengan tim Zona Madina dari Dompet Dhuafa Bu Itoh harus menyiapkan setidaknya 30 kg ubi ungu sebagai bahan utama untuk pembuatan kripik ubi ungu setiap akhir pekan.

 

Dari pihak Tim Madina Dompet Dhuafa selain memberikan perihal pendanaan, mereka juga memberikan fasilitas media promosi dan penjualan, sertifikasi, packing produk dan pelatihan tentunya, seperti halnya yang diterima oleh Bu Itoh. Tim Madina Dompet Dhuafa memberikan kesempatan kepada Bu Itoh untuk bertemu dengan pelaku UMKM sejenis untuk berbagi pengetahuan tentang resep pembuatan kripik.

 

  • Bantuan budidaya udang vaname di Serang oleh Dompet Dhuafa kepada peternak udang.

 


Tepatnya di desa Wanayasa Kecamatan Pontang Kabupaten Serang, masyarakatnya mayoritas adalah peternak udang, tetapi untuk berkembang mereka mengalami kesulitan, selain faktor modal, pengetahuan mereka tentang budidaya udang juga sangat minim.

 

Kemudian Dompet Dhuafa mengadalan penyuluhan dan bimbingan kepada warga yang menjadi penerima manfaat dari Dompet Dhuafa, mereka di bantu mulai dari benih udang vaname hingga masalah penjualan hasil panen. Mereka tidak perlu lagi menjual hasil panen ke tengkulak lagi.

 

KEMUDAHAN BERBAGI KEBAIKAN MELALUI DOMPET DHUAFA LEBIH MUDAH DAN TEPAT SASARAN

 


Pernah nggak sih kalian berfikir bahwa sedekah yang kita berikan itu beneran mereka gunakan untuk hal-hal baik? Memang benar tolong-menolong itu urusan kita dengan ALLAH dan bagaimana mereka menggunakan uang tersebut itu juga urusan mereka dengan ALLAH bukan lagi menjadi urusan kita.

 

Tapi bukannya lebih baik kalau apa yang kita berikan yang memang kita niatkan karena ALLAH Ta'ala memang benar-benar dimanfaatkan mereka dengan baik dan benar. Bukan hal mustahil lagi sekarang sudah ada DOMPET DHUAFA, kita bisa menyalurkan zakat, infaq, sedekah kita melalui Dompet Dhuafa ini. Nanti dari pihak Dompet Dhuafa akan disalurkan melalui program-program yang sudah mereka buat yang tentunya memberi manfaat dunia akhirat bagi si pemberi manfaat ataupun penerima manfaat itu sendiri.

 

Bagaimana untuk pembayaran Zakat Infaq dan Sedekah melalui Dompet Dhuafa?

Mungkin tidak semua daerah di wilayah Indonesia terdapat cabang atau gerai dari Dompet Dhuafa yang bisa mengambil langsung kepada mustahik, sekarang dunia sudah banyak mengalami kemajuan yang sangat memberi kemudahan buat siapa saja,  

 


Begitu juga pembayaran Zakat, Infaq dan Sedekah yang melalui Dompet Dhuafa bisa dilakukan dengan pembayaran online. Untuk pembayaran online ini bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari transfer ke beberapa rekening bank, melalui dompet digital atau melalui marketplace langganan.

 

Aku biasanya untuk pembayaran ZIS yang lewat Dompet Dhuafa aku menggunakan dompet digital dan Shopee. Untuk batas minimal besarnya ZIS, Donasi atau wakaf beda-beda. Di shopee untuk pembayaran wakaf minimal Rp. 1.000.000, sedangkan zakat minimalnya Rp 10.000,- dan donasi minimal besarnya adalah Rp. 25.000,- Jika kita menjadi bagian dari pemberi manfaat kebaikan melalui Dompet Dhuafa maka nanti di setiap bulannya bakalan ada laporan penggunaan dana. Jadi perasaan tenang bahwa apa yang kita niatkan karena ALLAH semata terlaksana dengan tepat sasaran dan memberi banyak manfaat. Mengenai bagaimana cara pembayaran Zakat, Infaq, Sedekah ataupun donasi untuk kepentingan umat untuk lebih jelas dan detailnya langsung ke website resmi dari Dompet Dhuafa yaitu di dompetdhuafa.org

 


Jadi tidak ada alasan untuk tidak bergabung menjadi salah satu pemberi kebaikan kepada seluruh masyarakat baik di Indonesia maupun luar negeri melalui Dompet Dhuafa. 

 

SEKALI LAGI SELAMAT ULANG TAHUN KE-31 DOMPET DHUAFA SEMOGA SEMAKIN TUMBUH DAN BERKEMBANG LEBIH BESAR DAN SEMAKIN BISA MEMBERI BANYAK MANFAAT KEPADA MEREKA YANG MEMBUTUHKAN.

SUKSES TERUS BUAT DOMPET DHUAFA, SEMOGA LELAH KALIAN MENJADI IBADAH KEPADA ALLAH SEMATA. aamiin.

 


“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog 31 Tahun Dompet Dhuafa Melayani Masyarakat”

 

 


Disqus Comment

Formulir Kontak