7 PANTAI DI PACITAN BAGIAN TIMUR YANG WAJIB DI KUNJUNGI SAAT LIBURAN KE PACITAN - RAGIL SAPUTRI

7 PANTAI DI PACITAN BAGIAN TIMUR YANG WAJIB DI KUNJUNGI SAAT LIBURAN KE PACITAN

   7 PANTAI DI PACITAN BAGIAN TIMUR YANG WAJIB DI KUNJUNGI SAAT LIBURAN KE PACITAN

Berbatasan langsung dengan samudra hindia membuat Kabupaten Pacitan di beberapa titik wilayah di Pacitan mempunyai pantai yang sangat indah.

Ada dua wilayah bagian di Pacitan yang wilayahnya langsung berbatasan dengan Samudra Hindia. Wilayah Pacitan bagian barat dan wilayah Pacitan bagian timur. Masing-masing wilayah mempunyai ciri khas pantai yang berbeda-beda tetapi masih dalam satu cakupan wilayah pantai selatan, yang indentik dengan ombaknya yang hebat.

Untuk pantai di wilayah Pacitan bagian barat, sudah pernah aku tulis dan aku posting di blog juga.

7 PANTAI DI BAGIAN BARAT PACITAN YANG WAJIB DIKUNJUNGI. BISA DIBACA DI SINI

Wilayah Pacitan bagian timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Trenggalek dan Samudra Hindia. Wilayah Pacitan bagian timur antara lain adalah kecamatan Tulakan, Kecamatan Kebonagung, Kecamatan Sudimoro, Kecamatan Ngadirojo.

Berikut 7 Pantai di Wilayah Pacitan bagian timur yang harus dikunjungi saat ke Pacitan :

  1. PANTAI PANGASAN
  2. PANTAI WATU BALE
  3. PANTAI PIDAKAN
  4. PANTAI WAWARAN
  5. PANTAI SOGE
  6. PANTAI TAMAN
  7. PANTAI KUNIR

 

PANTAI PANGASAN

 

Terletak di Dusun Batulapak Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung. Pantai ini viral dengan landmark pantai yang bersanding dengan area persawahan dan menjulang tinggi batu karangnya.

Akses ke lokasi kalau dari Pacitan kota lumayan jauh, ditempuh kurang 1 jam perjalanan dengan medan jalan yang cukup menantang, bagi penggemar off road rute ini sangat menantang, tapi itu kondisi waktu aku kesana sekitar pertengahan bulan Maret tahun 2024.

Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang dewasa, perjalanan yang penuh tantangan terbayar tuntas saat bisa melihat indahnya ciptaaan ALLAH SWT yang begitu mengagungkan.

*BACA POSTINGAN AKU TENTANG KUNJUNGANKE PANTAI PANGASAN DI SINI*

 

PANTAI WATU BALE


 

Berada di Desa Jetak Kabupaten Kebonagung, Pantai Watu Bale menyuguhkan sejuknya udara pantai di temani suara deburan ombak yang menghantam batu karang tanpa henti. Kalau di Watu Bale ini agak susah kalau ingin bermain air pantai seperti pantai-pantai pada umumnya, karena tebing batu karangnya langsung berbatasan dengan samudra.

Mungkin seperti namanya "WATU BALE" kalau watu yang berarti batu dan Bale yang berasal dari kata balai yang artinya tempat yang luas. Jadi Watu Bale bisa diartikan batu yang luas (ini asumsi pribadi saya sendiri, jika ada kesalahan mohon dikoreksi).

Aku baru dua kali datang ke Pantai Watu Bale, dan dari beberapa Pantai yang pernah aku kunjungi ini aku suka suasana di Pantai ini.

"BACA CERITA AKU SAAT BERKUNJUNG KE PANTAI WATU BALE BEBERAPA WAKTU YANG LALU, DI SINI"

 

PANTAI PIDAKAN


 

Pantai Pidakan masih satu kecamatan dengan Pantai Watu Bale dan masih satu garis pantai juga tentunya, mungkin nyambung juga pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale ini.

Pantai Pidakan tidak terlalu jauh dari Pantai Watu Bale, kurang lebih bisa ditempuh 10 menit saja. Jika di Pantai Watu Bale kita tidak tidak bisa bermain air, lain dengan di Pantai Pidakan.

Salah satu keunikan Pantai Pidakan, yang tidak di miliki oleh pantai - pantai lain di Pacitan adalah, tidak ada pesisir pantai berupa pasir pantai, tetapi berupa batua-batuan kecil yang menyebar di sepanjang tepi pantai.

**TENTANG PIDAKAN YANG DULU PERNAH AKU DATANGI, BACA DI SINI**

 

PANTAI WAWARAN

Terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung,  berjarak kurang lebih sekitar 28 KM dari pusat kota (Kecamatan Pacitan).

Selain menyuguhkan keindahan panorama pantai dengan hutan bakaunya, jika berkunjung ke sana kita bisa melihat aktivitas nelayan menangkap ikan, dan kita bisa membelinya sebagai buah tangan.

 

PANTAI SOGE


 

Terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan, dengan jarak kurang lebih sekitar 40 km dari pusat kota Pacitan.

Terletak di pinggir jalan utama Jalur Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan langsung Pacitan dengan Trenggalek. Hal ini banyak di manfaatkan oleh para pengendara yang melewati pantai Soge berhenti sejenak di pinggir jalan untuk menikmati suasana Pantai Soge.


 

Hamparan pasir putih di sepanjang tepi pantai membuat Pantai Soge menjadi sangat indah apalagi di tambah warna air laut yang biru dan jernih. Waktu terbaik ke Pantai Soge adalah saat sore hari, karena sunset memiliki nilai yang lebih saat dipandang dan dinikmati dari tepi pantai.

 

PANTAI TAMAN

Pantai Taman berada di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Di Pantai Taman ini selain bisa melihat hamparan pasir putih di sepanjang garis pantai dan tentunya alunan suara ombaknya, pengunjung bisa belajar dan mengamati tentang penyu. Karena Pantai Taman adalah tempat konservasi penyu. Di buktikan dengan adanya patung raksasa penyu yang berada di Pantai Taman.

Selain itu di Pantai Taman juga ada wahana flying fox, di mana wahana ini sempat menjabat menjadi wahana flying fox terpanjang dan tertinggi di Indonesia, dengan panjangnya kurang lebih 450 meter dengan ketinggian sekitar 80 meter. Meluncur kurang lebih sekitar 1 menit dengan pemandangan lautan lepas, sungguh menakjubkan dan menegangkan.

 

PANTAI KUNIR

Berada di Desa Pager Kidul Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan, Pantai Kunir menawarkan keindahan pantai yang berbeda dengan pantai pada umumnya yaitu, adanya telaga air tawar, di mana telaga ini adalah muara air sungai yang akan mengalir ke samudra.

Selain itu di Pantai Kunir juga terdapat beberapa gua karang yang sayang untuk tidak dijelajahi, mengagumi keunikan stalaktif dan stalagnit yang asli terbentuk dengan sendirinya.

Pantai Kunir memiliki pasir pantai yang lembut dan berwarna kekuningan yang menambah keindahan Pantai Kunir.

 


Itulah 7 pantai yang berada di bagian timur Pacitan yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Pacitan. Tapi masih ada banyak pantai lagi juga sebenarnya selain 7 Pantai tersebut. Bahkan pernah ada yang nyeletuk begini "belakang rumah mereka itu Pantai, jadi jangan heran kalau bakalan nemu banyak spot pantai di Pacitan."

Dari pantai di atas kecuali pantai Pangasan, masuk ke dalam Jalur Lintas Selatan (JLS), Dengan kata lain satu jalur atau satu arah perjalanan.  


 

Pantai di Pacitan identik dengan ombak dan karang, yang pastinya membuat pemandangan menjadi semakin menakjubkan. Tidak usah khawatir hampir keseluruhan pantai di Pacitan selalu punya spot terbaik untuk sekedar mengabadikan momen agar tetap bisa menjadi bukti sebuah cerita kelak.

Untuk fasilitas di tempat pariwisata, secera keseluruhan fasilitas sudah ada baik itu toilet, warung makan, mushola semua sudah disediakan oleh pihak pengelola.


 

View melihat senja terbaik menurut aku melihat di pinggiran Pantai, jadi waktu terbaik ke Pantai memang menjelang sore, karena indahnya pemandangan pantai dengan deburan ombaknya menjadi nilai yang lebih tinggi saat dibarengi dengan melihat senja. Kapan lagi melihat siang dan malam bertemu meski cuma sebentar.

Sedikit informasi jika mau ke Pantai di Pacitan, sebagian besar perjalanan memang cukup memerlukan waktu, karena jarak yang cukup jauh dari pusat kota, selain itu kondisi jalan yang berliku dan struktur jalan kadang masih ada bebatuan jadikan pastikan kondisi badan dan kondisi kendaraan benar-benar dalam keadaan terbaik.

Jangan lupa bawa air minum dan sunscreen tentunya, karena cuaca yang panas biasanya kita lebih cepat merasa haus. Kalau musim penghujan sangat disarankan untuk tidak melakukan perjalanan ke pantai, karena ada beberapa kondisi jalan yang masih berupa bebatuan dan masih tanah.

Meski biasanya perjalanan menuju lokasi penuh tantangan, tapi semua akan di bayar lunas saat sudah sampai di lokasi pantai yang kita tujuan.

Di beberapa pantai di Pacitan memperbolehkan pengunjung untuk berenang di pantai, tapi tetap harus waspada dan selalu mematuhi instruksi dari pihak pengelola, karena ombak pantai selatan sangat dahsyat dan susah di tebak. Jadi jangan ngeyel saat petugas melarang sebaiknya dipatuhi. Karena semua kembali kepada dirikita masing-masing.

Kalau ke Pacitan jangan lupa mampir ke pantai ya? kalian sudah pernah ke pantai mana saja?

Happy Reading dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. 


 

Disqus Comment

Formulir Kontak