REKOMENDASI SAYURAN UNTUK PENDERITA ASAM LAMBUNG - RAGIL SAPUTRI

REKOMENDASI SAYURAN UNTUK PENDERITA ASAM LAMBUNG

  REKOMENDASI SAYURAN UNTUK PENDERITA ASAM LAMBUNG


APA ITU PENYAKIT ASAM LAMBUNG

Penyakit asam lambung atau bisa dikenal dengan istilah gerd adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan, hal ini menyebabkan rasa nyeri di ulu hati dan beberapa gejala lainnya di sekitar area dada bagian bawah dan perut. Selain mengalamai hal tersebut biasanya penederita asam lambung juga merasakan perut kembung, sulit menelan, rasa asam di bagian belakang mulut, sering bersendawa, batuk kering, cegukan.

Banyak orang yang berpendapat bahwa penyakit maag dan penyakit asam lambung adalah sama, padahal kenyataannya mereka adalah dua penyakit yang berbeda, meskipun sama-sama menyerang bagian pencernaan. Jika penyakit asam lambung adalah asam lambung yang naik ke kerongkongan, sedangkan maag adalah rasa perih yang diakibatkan kerusakan lambung yang memproduksi asam lambung berlebih.

 

APA YANG MENYEBABKAN ASAM LAMBUNG BISA NAIK?

Yang selalu menjadi pertanyaan jutaan orang adalah, kenapa asam lambung bisa naik ke kerongkongan? ternyata hal ini disebabkan salah satunya adalah pita otot yang berada di bagian bawah kerongkongan dan bagian atas perut bergerak di atas diafragma. Diafragma ini yang memisahkan perut dari dada. Diafragma ini juga berperan menjaga kadar asam yang berada di perut, dan karena adanya gangguan tersebut maka asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit asam lambung, antara lain sebagai berikut :

  • Obesitas
  • Pola makan yang tidak baik (contoh kebiasaan makan gorengan/makanan berminyak, suka makanan yang pedas)
  • Merokok, baik perokok pasif maupun perokok aktif.
  • Hamil, karena ada tekanan bagian perut
  • Beberapa penyakit atau kelainan di bagian perut
  • Mengkonsomsi obat-obatan tertentu
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Sampai saat ini masih belum ditemukan obat yang benar-benar menyembuh penyakit asam lambung secara total. Tetapi meskipun begitu penyakit asam lambung dapat di kendalikan dengan pengobatan yang rutin dan tentunya dengan mengkonsomsi makanan yang baik untuk lambung yang tidak memicu asam lambung meningkat.

 

Diketahui bahwa ada beberapa makanan yang memang mengandung gas yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Lalu bagaimana dengan sayuran? Sayuran banyak mengandung vitamin dan zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tapi apakah semua sayuran aman dan boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung?

 

Ada pengalaman menarik tentang hal ini, bapak saya menderita asam lambung sudah lama, mengetahui bahwa tidak semua sayuran boleh dikonsumsi oleh beliau, jadi setiap mau masak atau menyajikan makanan aku mencari info di google, apakah sayuran ini aman dan boleh dikonsomsi oleh penderita asam lambung apa tidak, kalau bisa berarti lanjutkan kalau tidak berarti yang sayuran tersebut untuk kedepannya bakalan tidak akan dimunculkan ke dalam list menu masakan lagi.

 

Berdasarkan pengalaman tersebut, inilah tujuh rekomendasi sayuran yang boleh di konsumsi oleh penderita asam lambung.

BAYAM

KENIKIR

KANGKUNG

TERONG

LABU SIAM

DAUN KELOR

KACANG PANJANG

 

BAYAM


 

Mempunyai nama ilmiah Amaranthus adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika yang sudah tersebar di seluruh dunia. Bayam terkenal memiliki kandungan zat besi yang paling tinggi diantara sayuran hijau lainnya. Di Indonesia bayam terdiri dari dua jenis yaitu bayam cabut dan bayam petik

Ternyata selain terkenal dengan kandungan zat besi yang paling tinggi, bayam juga mengandung zat magnesium yang cukup tinggi juga dibanding sayuran lainnya. Zat magnesium pada tubuh berfungsi sebagai antasida alami yang mampu membantu menurunkan jumlah kadar asam lambung di perut. 

 

KENIKIR


 

Dengan nama ilmiah Cosmos tumbuhan ini sudah tersebar ke seluruh dunia, kenikir berasal dari Amerika Latin dan Amerika tengah. Kenikir tumbuh subur di Indonesia, dan biasanya ditanam di persawahan atau juga di ladang.

Kenikir mengandung tiga zat yang sangat dibutuhkan, yaitu tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol. Ketiga zat ini mempunyai kemampuan untuk menetralkan asam lambung dan menguatkan otot lambung secara maksimal.

 

KANGKUNG


 

Lpomoea Aquatica adalah nama ilmiah dari sayuran hijau yang tumbuh subur di rawa-rawa. Untuk saat ini Kangkung juga banyak dibudidayakan, di persawahan atau ladang banyak para petani yang memang sengaja menanam kangkung ini. Karena masa panen yang terbilang cepat yaitu kurang lebih 30 hari dari masa tanam.

Kangkung memiliki banyak kandung gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia terutama untuk masalah pencernaan, Kakung memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan hal ini tentunya sangat baik untuk pencernaan. Selain itu kangkung juga memiliki kadar Ph tinggi sehingga mampu untuk menetralkan asam lambung.

 

TERUNG UNGU


 

Kita mengenal banyak variasi terung yang beredar di masyarakat umum selain terung ungu, ada terung hijau,terung bulat (terung gelatik), dan  mungkin masih banyak lagi jenis-jenis terung yang lainya.

Aku memilih terung ungu karena memang yang mudah aku dapatkan di pasaran ya terung ungu ini. Jadi mengapa terung ungu termasuk salah satu sayuran yang boleh di makan oleh penderita asam lambung? Karena terung mengandung zat alkali yang sangat tinggi, dan zat ini mampu mengurangi tingkat keasaman lambung. Jadi dengan kata lain terung mampu mencegah terjadinya asam lambung. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi terung ungu dari sekarang.

 

LABU SIAM


 

Labu siam selain dikenal dengan nama tersebut, beberapa daerah menyebutnya dengan nama "Jepan", "Manisah." dan mungkin beda daerah punya sebutan yang lain juga.

Labu siam bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena labu siam tidak menimbulkan gas saat dicerna oleh lambung. Selain itu labu siam juga mampu meringankan kerja saluran pencernaan dan mampu menetralisir kelebihanasam lambung.

Labu siam juga kaya akan serat, dan tentunya serat ini sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh kita, selain itu kandung serat pada labu siam mampu menyerap asam lambung yang sudah dibatas wajar normal.

Selain kaya akan serat, labu siam juga mengandung berbagai macam protein, vitamin dan masih banyak lagi tentunya. Vitamic C yang terkandung di labu siam mampu membantu memperbaiki sel-sel lambung yang rusak.

Jadi jangan ragu lagi untuk membeli labu siam, karena selain banyak manfaatnya juga bisa diolah sesuai keinginan.

 

DAUN KELOR


 

Daun kelor mengandung anti oksidan yang sangat tinggi dan hal ini sangat bagus untuk penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Kandungan tanin dan flavonoid sebagai zat anti oksidan nabati sangat ampuh menyembuhkan peradangan dan iritasi dan mampu mengatasi masalah pencernaan misalnya maag, luka usus dan luka lambung.

Selain bisa digunakan untuk olahan masakan daun kelor juga bisa dijadikan sebagai obat salah satu caranya adalah dengan diseduh dengan air hangat.

Meski daunnya kecil, tapi daun kelor mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, karena kandungan gizi yang terkandung di dalam d
aun kelor sangat komplit antara lain zat besi, magnesium, kalium, asam folat, kalori, protein, karbohidrat, vitamin A,B dan C. Kecil-kecil tapi menyimpan segudang manfaat.

 

KACANG PANJANG

 


Untuk saat ini kacang panjang di Pacitan sedang mengalami penurunan harga, satu ikat besar dihargai Rp 2.000,- dan ini sepertinya terjadi sudah sekitar kurang lebih dua minggu.

Kacang panjang baik untuk melancarkan pencernaan, hal disebabkan karena kacang panjang mengandung serat larut dimana serat larut ini mampu melindungi usus besar (usus besar merupakan bagian dari sistem pencernaan).

FODMAP (fermentable oligosaccharides, disaccharides, monosaccharides, and polyols) atau glukosa yang sulit dicerna oleh pencernaan dalam proses metabolisme, banyak terdapat dalam makanan dan hal ini menjadi salah satu pemicu munculnya gas dalam perut yang ditandai dengan perut kembung, sembelit dan tentunya mengakibatkan asam lambung naik.

Tetapi kacang panjang mempunyai kandungan FODMAP yang sangat rendah dan mampu mengatasi masalah pencernaan tersebut. Jadi mengkonsumsi kacang panjang diperbolehkan untuk mereka yang menderita asam lambung.

 

Itulah 7 sayuran yang boleh dimakan oleh penderita asam lambung. Sedikit tips untuk penderita asam lambung adalah makananlah sebelum merasa lapar dan berhentilah sebelum merasa kenyang.

Semoga kita semua selalu diberi limpahan kesehatan aamiin. Sampai ketemu di postingan selanjutnya, tentang buah apa saja yang boleh dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung.

 

"Artikel ini adalah bagian dari latihan komunitas LFI supported by BRI.

Disqus Comment

Formulir Kontak