REKOMENDASI BUAH-BUAHAN YANG BISA DI KONSUMSI OLEH PENDERITA ASAM LAMBUNG - RAGIL SAPUTRI

REKOMENDASI BUAH-BUAHAN YANG BISA DI KONSUMSI OLEH PENDERITA ASAM LAMBUNG

  REKOMENDASI BUAH-BUAHAN YANG BISA DI KONSUMSI OLEH PENDERITA ASAM LAMBUNG

 

 

Buah-buah banyak mengandung vitamin dan gizi yang sangat di perlukan oleh tubuh. Selain sayuran buah menjadi makanan utama untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi lainnya, Ada banyak variasi buah yang bisa dikonsumsi setiap hari, jadi tidak perlu gelisah atupun bingung sesuaikan dengan apa yang kita suka.

 

Ada banyak variasi buah di dunia itu, tapi nyatanya tidak semua buah aman dan diperbolehkan di konsumsi oleh penderita asam lambung. Asam lambung adalah penyakit gangguan pencernaan yang jika tidak di kontrol bisa menganggu kinerja tubuh yang lain.

 

Karena selain menimbulkan rasa sesak dan panas di tenggorokan, beberapa gejala asam lambung adalah batuk, rasa was-was dan cemas, kemudian juga berpengaruh terhadap denyut jantung juga, kalau salah diagnosa bisa berakibat fatal tentunya.

 

Bagi penderita asam lambung berhati-hati dalam memilih apa yang dimakan adalah hal mutlak, karena kalau salah pilih bisa berakibat asam lambung naik. Sama halnya dengan memilih buah-buahan yang ingin dikonsumsi, tidak semua buah boleh di makan bagi penderita asam lambung, harus memperhatikan kadar asam yang terkandung dalam buah tersebut, karena kalau buah tersebut mengandung kadar asam yang tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi,

 

Tidak usah bingung dan cemas, karena aku bakalan kasih tahu 7 buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asal lambung, apa saja buah itu ?

 

REKOMENDASI 7 BUAH YANG AMAN DI KONSUMSI OLEH PENDERITA ASAM LAMBUNG :

  • PISANG
  • PEPAYA
  • BUAH NAGA
  • KURMA
  • APEL
  • BUAH PIR
  • ALPUKAT

 

PISANG


 

Pisang mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi dan hal ini sangat baik untuk pencernaan, selain itu kandungan asam dalam buah pisang juga rendah sehingga buah pisang sangat aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Kita tahu di Indonesia ada banyak sekali jenis pisang, berdasarkan pengalaman selama ini bapak mengkonsumsi dua jenis pisang saja yaitu pertama kalau di Pacitan di sebut dengan "gedhang awak" atau pisang awak dan yang kedua adalah "pisang ceklek" penyebutan nama salah satu jenis pisang di Pacitan.

Ada beberapa orang yang memberi saran setelah tahu akan dikonsumsi oleh penderita asam lambung, bahwa jangan membeli  pisang yang warnanya hijau.

Memang ada beberapa pisang yang warna kulitnya hijau, aku sendiri kurang tahu apakah memang kandungan pisang itu berbeda di setiap jenisnya atau sama. Jika postingan ini dibaca oleh dokter atau siapapun itu mohon dikoreksi.

 

PEPAYA


 

Pepaya, aku sebut dia si buah paling bersahabat dengan perut. Buah pepaya mengandung air dan serat yang cukup tinggi sehingga bisa melancarkan saluran pencernaan dan bisa mencegah terjadinya sembelit.

Selain itu pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapain dimana enzim ini mampu menetralkan asam lambung dan meredakan peradangan. Dan ternyata enzim papain ini paling banyak terkandung di pepaya yang masih mentah. Jadi untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal harus diolah atau di masak terlebih dahulu.

Sama halnya dengan buah pisang, buah pepaya juga memiliki banyak variasi meski tidak sebanyak buah pisang. Bapak sendiri paling suka buah pepaya yang dia sebut dengan nama "pepaya jawa", yang salah satu ciri khasnya adalah ujungnya yang lancip.

 

BUAH NAGA


 

Buah naga memiliki nilai Ph kadar keasaman berkisar 6 hingga 7, hal ini membuat buah naga bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Buah naga ada tiga variasi yaitu yang berdaging merah, putih dan kuning, dari ketiga jenis tersebut ternyata buah naga kuning dan putih memiliki lebih banyak kandungan antioksidan dan mineral.

 

KURMA


 

Kurma yang awalnya adalah salah satu makanan khas ramadhan, di mana biasanya akan muncul di masyarakat hanya saat Bulan Ramadhan saja, tetapi kini sudah berubah, kita tidak akan kesulitan menemukan kurma meski bukan di Bulan Ramadhan.

Kurma mempunyai kandungan asam yang rendah, sehingga tidak akan memicu asam lambung naik, sehingga kurma menjadi buah yang aman untuk di konsumsi oleh penderita asam lambung.

Selain itu, buah kurma juga mengandung zat kalium dan magnesium di mana kedua zat ini dapat meredakan gejala asam lambung.

Kandungan serat yang tinggi yang dikandung oleh buah kurma, membantu proses pencernaan menjadi lebih mudah, sehingga bisa menekan asam lambung naik ke tenggorakan. Selain itu kandungan antioksidan dalam buah kurma disinyalir mampu meringankan gejala asam lambung.

Manfaat kurma selain hal di atas adalah mampu mengatasi  peradangan dinding lambung yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan.

 

APEL


 

Kandungan serat yang cukup banyak dan selain itu juga sebagai sumber zat kalsium, kalium dan magnesium. Zat - zat tersebut mampu meredakan asam lambung yang sedang diderita oleh penderita asam lambung.

Apel juga memiliki beberapa variasi, jadi usahakan memilih apel yang manis rasanya, karena pada umumnya buah apel yang berwarna hijau cenderung asam rasanya.

 

BUAH PIR


 

Buah pir adalah buah yang kaya akan kandungan airnya ini banyak mengandung nutrisi dan zat-zat yang bersifat anti radang dan antioksidan, dimana kedua zat ini mampu meredakan gejala naiknya asam lambung.

Sebagai salah satu buah yang kaya akan serat,  dimana serat ini diproses di usus dan di lambung dengan proses yang lama sehingga membuat perut tidak cepat kosong, sehingga produksi asam lambung pun tidak terlalu banyak.

Buah pir juga bisa meredakan mual dan muntah yang merupakan salah satu tanda gejala saat asam lambung naik. Hal ini karena buah pir mengandung vitamin B6,serat dan antioksidan, ketiga kandungan ini mampu mencegah ataupun meredakan mual yang terjadi karena asam lambung naik.

 

ALPUKAT


 

Alpukat dengan kandungan asamnya yang redah membuat ia bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Kandungan serat larut dalam alpukat mampu membantu mengurangi gejala asam lambung, kemudian kandungan fruktosa dalam buah alpukat yang rendah membuat kecil kemungkinan terjadi penumpukan gas di dalam perut, sehingga bisa mengurangi efek asam lambung naik.

 

Itulah tujuh buah yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung, semua berdasarkan pengalaman pribadi, kebetulan bapak saya juga menderita asam lambung kurang lebih sudah 5 tahun ini.

Jadi setiap kali ingin memberikan makanan entah buah atau sayuran, saya biasanya searching dulu di google, apakah boleh atau tidak buah atau sayuran ini dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Saya juga sudah menulis di blog ini, tentang rekomendasi sayuran yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, bisa di baca di sini : Rekomendasi Sayuran untuk Penderita Asam Lambung

Semoga tulisan ini bisa membantu dan lebih menyakinkan teman-teman yang bingung tentang buah apa saja yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Banyak hal penyebab dari asam lambung naik, tapi setidaknya kita bisa mengontrol asam lambung dengan menjaga asupan makan yang masuk yang bakalan dicerna oleh lambung.

Sampai ketemu di postingan selanjutnya. Selamat membaca.

 


 

 

"Artikel ini adalah bagian dari latihan komunitas LFI supported by BRI"

Disqus Comment

Formulir Kontak